Breaking News

Mengenang dan Berbahagia atas kelahiran Imam Ali Al Ridho as

Selamat bersuka cita atas kelahiran Imam ke 8, Imam ALI AL RIDHO as, 11 Dzulqo’dah 1438 H. Semoga Allah Swt mengampuni dosa-dosa kita dan menggembirakan hari-hari kita dalam berkah Rasul saw & Ahlulbait as.

Marilah ucapkan As’adallah ayyamana wa ayyamana biwiladati Imam Ali bin Musa Al-Ridho As, dalam riwayat Ibrahim bin abbas berkata ” aku tidak pernah melihat abul hasan Ridha As berbuat kasar kepada siapa pun  meski dengan kata kata, dan aku tidak pernah  melihat nya memotong pembicaraan orang lain hingga orang itu menyelesaikan pembicaraannya , dia tidak pernah menolak siapa pun yang membutuhkan sesuatu kepadanya jika dia mampu memenuhinya , dia tidak pernah sekali pun menjulurkan kaki nya di depan teman duduk nya , dan dia tidak pernah sekali pun duduk bersandar di depan teman duduknya , aku tidak pernah sekali pun melihat nya mencaci maki seseorang dari kalangan budak budaknya ,  Aku tidak pernah sekali pun melihatnya meludah , dan aku tidak pernah sekali pun melihat nya tertawa berbahak bahak di dalam tawanya , tetapi tawanya adalah senyuman , Dan jika sendirian dan makanan Telah dipersiapkan untuknya maka dia mengajak budak budak nya untuk duduk bersamanya di depan hidangan dan juga penjaga pintunya untuk makan bersamanya “uyun Al akhbar al ridha as jil 2 hal 184 hadis 7

Manfaat Menziarahi Imam Ali bin Musa Ar-Ridho as dan doa Ziarah Imam Ali ArRidho as

Hadis-hadis Keutamaan Menziarahi Imam Ali Ridho a.s.

  1. Nabi saw bersabda: Akan di kebumikan bagian dari diriku (keturunan beliau saw) di Khurosan dan barangsiapa yang menziarahinya dengan keimanan (keyakinan) Allah akan mewajibkan untuknya surga dan akan mengharamkan jasadnya dari api neraka.
  2. Diriwayatkan Husein bin Zaid dari Abi Ja‘far a.s. Dia berkata ;‘Aku mendengar darinya ; ―Akan keluar seorang laki-laki dari putra Musa namanya nama Amirul Mukminin dan akan di kebumikan di tanah Thus di Khurosan dia akan di bunuh dengan racun, yang menziarahinya dengan mengetahui hak-haknya, Allah Swt akan memberikan pahala seorang yang menginfaqkan hartanya sebelum Fathu (kemenangan memasuki kota Mekkah) dan terbunuh (syahid).
  3. Diriwayatkan Al-Bazanthi dari Ar-Ridho a.s.: ―Siapapun yang menziarahiku dari pengikutku, yang mengenal hak-hakku dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat.
  4. Berkata Abu Ja‘far Muhammad bin Ali Ar-Ridho a.s. : Sesungguhnya di antara gunung Thûs ada Qubbah dari Surga yang memasukinya maka dia akan aman di hari kiamat.
  5. Rosulullah Saw bersabda :Akan di kuburkan sebagian dari darah dagingku di Khurosan dan yang menziarahinya ketika mempunyai berbagai kesulitan maka Allah Swt akan menyelesaikan kesulitan-kesulitannya, yang berdosa, maka Allah akan mengampuni dosa- dosanya.
  6. Diriwayatkan dari Nukman bin Sa‘id dari Amir Mukminin Ali bin Abi Tholib a.s. : Akan dibunuh seorang dari keturunanku di tanah Khurosan dengan racun dalam keadaan terzdalimi namanya sama dengan namaku nama ayahnya adalah nama putra Imron yaitu Musa a.s. ketahuilah bahwa barangsiapa yang menziarahinya maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak bintang dan tetesan hujan serta dedaunan di pohon.
  7. Diriwayatkan dari Hamzah bin Humron : ―Abu Abdillah a.s. berkata ;‘Akan dibunuh keturunanku di tanah Khurosan di kota Thûs, yang menziarahinya dan mengetahui hak-haknya aku akan melindunginya di Hari Kiamat dan akan memasukkannya ke surga walaupun dia pernah melakukan dosa besar, demi jiwaku apa yang dimaksud dengan mengetahui hak-haknya, beliau menjawab : Dia mengetahui bahwa sesungguhnya dia adalah Imam yang wajib ditaati, dia syahid, yang menziarahinya dan mengetahui hak-haknya Allah Swt akan memberi pahala 70 orang syahid yang kesyahidannya di zaman Rosulullah saw.
  8. Diriwayatkan dari Hasan bin Ali bin Fadhdhol dari Abil Hasan ar-Ridho dia berkata : Sesungguhnya di Khurosan ada tempat yang akan di datangi para malaikat secara bergantian, yang turun dan naik ke langit. Wahai putra Rosulullah tempat apakah itu? Imam menjawab: Dia kota Thûs, demi Allah tempat itu adalah Roudhoh (Taman) di antara taman-taman surga, yang menziarahiku di tempat itu sama seperti menziarahi Rosulullah saw dan akan dicatat oleh Allah Swt pahala 1000 kali haji yang mabrur dan 1000 umroh yang makbul dan aku serta ayah- ayahku akan memberinya syafaat pada hari kiamat. (Manla Yahdurul Faqih : 2/586)

Ziarah Imam Ali Arridho as bin Imam Musa AlKazhim as

Assalâmu ‘alaika yâ waliyyallah, Assalâmu ‘alaika yâ hujjatallâh, Assalâmu ‘alaika yâ nûrollahi fî zhulumâtil ardhi, Assalâmu ‘alaika yâ amuddaddîn, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Âdama shofwatilla, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Nûhin nabiyyillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Ibrôhîma kholîlillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Ismâila dzabîhillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Musa Kalîmillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Isa ruhhillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Muhammadin Rôsûlillah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Amiril mukminîn Aliyyin waliyyillah wawashiyyi Rosûli robbil ‘âlamîn, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Fâthimataz Zahrô, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Al-Hasan wal Husein sayyida Syabâbi ahlil Jannah, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Aliyyibni Husein Zainal Abidin, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Muahammadibni Ali Bâqiri ilmil Awwalîna wal âkhirîn, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Ja’faribni Muhammad Ashshôdiqil bârri, Assalâmu ‘alaika yâ wâritsa Musabni Ja’far, Assalâmu ‘alaika ayyuhash shiddîqusy syahid, Assalâmu ‘alaika ayyuhal washiyyul bârruttaqîy, Asyhadu annaka aqomtash sholah wa ataytaz zakah wa amarta bil ma’rûf wa nahayta anil mungkar wa abadtallâha hattâ atâkal yaqîn, Assalâmu ‘alaika yâ abal Hasan wa rohtatullâhi wabarokâtuh.

Check Also

Al-Ghadir dalam Persepsi Ibn Taimiyah

Hadist Al-Ghadir adalah hadist mutawatir yang diakui oleh sunnah maupun Syiah. Bahkan Syamsuddin Al-Dzahabi sang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *