Ketika Utsman ingin mencukupi “Kebutuhan” Abu Dzar ra

Imam Baqir as berkata: “Utsman mengirim uang dua ratus dinar untuk Abu Dzar melalui dua budaknya. Dia berkata, katakan Utsman menyampaikan salam untukmu dan mengatakan, gunakan uang dua ratus dinar ini untuk memenuhi kebutuhanmu.”

Ketika dua budak itu memberikan uang kepada Abu Dzar. Dia bertanya, “Apakah dia [Utsman] juga memberikan uang yang sama kepada setiap umat Islam?”

Keduanya menjawab, “Tidak.”

Abu Dzar berkata, “Aku juga salah satu dari mereka. Apa yang sampai kepada mereka juga sampai kepadaku.”

Mereka mengatakan, “Utsman mengatakan bahwa ini adalah uang pribadiku. Demi Allah yang tidak ada tuhan selain Dia! Uang ini tidak tercampur dengan barang haram. Bersih dan halal.”

Abu Dzar mengatakan, “Aku tidak membutuhkan sama sekali uang seperti ini. Saat ini aku adalah orang yang paling tidak membutuhkan.

Keduanya berkata, “Di rumahmu, aku tidak melihat sesuatu yang membuatmu tidak membutuhkan.”

Dia menjawab, “Di bawah penutup kain ini ada dua lingkar roti gandum yang tersisa beberapa hari. Dengan demikian, aku tidak membutuhkan dirham dan dinar. Demi Allah! Aku tidak akan menerimanya, kecuali ketika aku tidak mampu lagi untuk mendapatkan dua lingkar roti ini dan Allah menyaksikan bahwa aku tidak punya apa-apa lagi.

Sesungguhnya wilayah Ali dan anak-anaknya dan kecintaan kepada keluarga suci mereka telah membuatku tidak membutuhkan apa-apa. Aku mendengar ini dari ucapan Rasulullah Saw dan untuk seorang lelaki tua seperti aku tidak baik bila berbohong.

Kembalikan uang ini dan aku tidak membutuhkan ini dan apa yang ada di tangan Utsman sehingga aku akan meminta keadilan pada Allah tentang dirinya.

@tafsirhikmah

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *