mendapatkan kebahagiaan

Dimanakah kita bisa mendapatkan kebahagiaan?

Dimanakah kita bisa mendapatkan kebahagiaan?

Salah satunya adalah dengan cara membahagiakan orang lain.

Ketika rasa bahagia yang berasal dari diri kita itu bernilai seratus, maka rasa bahagia yang berasal dari orang lain itu bernilai dua kali lipatnya.

Siapa yang tidak senang ketika melihat orang lain merasa bahagia? Setiap manusia memiliki keterikatan, meskipun mereka tidak saling kenal. Baca juga: Bagaimanakah Bahagia?

Bayangkan saja seolah-olah ada kabel tidak terlihat yang terhubung antara orang yang satu dengan yang lain.

Ketika melihat seseorang terkena musibah, orang-orang yang mengetahui hal tersebut akan ikut merasakan kesedihannya. Hanya orang sirik yang bahagia ketika orang lain merasa sengsara.

Sebagai manusia yang hidup, kita tentu ingin tinggal di dalam lingkungan yang penuh dengan kegembiraan, canda, tawa, dan senyuman. Baca juga: Ajaran Nabi Muhammad Saw Untuk Kehidupan

Dengan berada di dalam lingkungan yang bahagia, maka kita pun akan ikut merasakan bahagia.

Rasa bahagia ini memiliki dampak sistemik, dimana kelak kita juga bisa membuat orang lain bahagia dengan menjadi bahagia.

رسولُ اللَّهِ صلى اللَّه عليه وآله : الخَلقُ عِيالُ اللَّهِ ، فأحَبُّ الخَلقِ إلَى اللَّهِ مَن نَفَعَ عِيالَ اللَّهُ وأدخَلَ عَلى‏ أهلِ بَيتٍ سُروراً .

Rasulullah saw : “Makhluk itu adalah keluarga Allah swt maka makhluk yang paling dicintai Allah swt adalah orang yang bermanfaat kepada keluarga Allah swt dan memasukkan kebahagiaan kepada keluarganya”.

@tafsirhikmah

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *